Entri yang Diunggulkan

UPDATE BAGAN PERTANDINGAN KEJUARAAN BOLA VOLI UNIGRES CUP 26 JANUARI 2017

Sunday, August 28, 2016

MAHASISWA 'DALAM' 17 AGUSTUS



Teringat masa kecil, saat masih sekolah setiap tanggal 17 Agustus selalu diadakan upacara peringatan hari Kemerdekaan Negara Republik Indonesia, sampai saat ini pun saya remaja usia lanjut hehe, saya masih sering mengikuti upacara peringatan tersebut bersama teman-teman kampus saya.

Menurut saya, kegiatan tersebut bukan sekedar untuk peringatan, melainkan untuk membuktikan serta menguji rasa cinta tanah air kita  sebagai bangsa Indonesia. Coba bayangkan, siang bolong yang sudah pasti matahari bersinar dengan teriknya, kita harus berdiri menghormat pada Sang Saka dengan penuh khidmat. Mungkin terlihat sepele bagi mereka yang tidak serta merta mengikuti kegiatan, tapi bagi kami yang merasakan benar-benar kekhidmatan upacara tersebut bahkan bisa sampai menitihkan air mata bangga bisa ikut berdiri mengikuti peringatan tersebut.

Membayangkan, menghargai jasa para pahlawan yang telah gugur di medan perang dengan penuh perjuangan untuk masa depan bangsa Indonesia. Lantas, apa balasan kita sebagai generasi bangsa untuk membalas jasa para pahlawan yang telah dulu gugur?

Saya sendiri sebagai mahasiswa, seringkali masih lalai dengan tugas-tugas saya sebagai penerus bangsa. Sering lalai dengan kewajiban yang seharusnya saya jadikan prioritas. Untuk belajar misalnya, mungkin itu termasuk hal sepele bagi para pelajar dan mahasiswa, tapi benar-benar butuh niat dan tekat yang kuat untuk memulai kegiatan tersebut. Padahal di jaman yang serba canggih ini, semua pemngetahuan yang ingin kita dapat, bisa diperoleh dengan sangat mudah.

Malah mirisnya lagi, banyak sekali remaja-remaja masa kini yang mampu dalam hal materi tapi malah meninggalkan pendidikannya hanya demi kesenangan sesaat. Padahal, di luar sana banyak sekali mereka-mereka yang ingin sekolah tapi terbentur biaya.

Banyak teman saya bahkan sebagian besar mahasiswa di Universitas Gresik ini adalah sebagai mahasiswa sekaligus pekerja. Jadi pagi sampai sore mereka sebagai karyawan di perusahaan dan malam sebagai mahasiswa teladan hehe. Menurut saya, ada suatu kebanggaan bagi kami yamg bisa menjalankan kegiatan tersebut secara bersamaan, meskipun kadang harus rela kehilangan waktu bersama orang-orang tersayang, waktu main, jalan-jalan, atau sekedar nongki cantik sama temen-temen. Tapi inilah hidup, harus ada perjuangan untuk hasil yang manis nantinya.

Buat temen-temen, jangan pernah ragu untuk melangkah, pastikan masa mudamu nggak sia-sia, terus gali kemampuan, buktikan pada dunia bahwa kamu bukan sosok yang bisa diremehkan. Jatuh ? bangkit lagi ! karena pejuang bukan sekedar bertaruh kemampuan, niat tekat dan kemauan yang kuat kunci utamanya.


Sekian sebait cerita, curahan hati, kobaran semangat hasil dari upacara peringatan HUT RI yang ke-71 tahun 17 Agustus 2016, semoga bermanfaat, atau hanya sekedar sebagai pembangkit semangat. Thankiss *NHD

2 comments: