Entri yang Diunggulkan

UPDATE BAGAN PERTANDINGAN KEJUARAAN BOLA VOLI UNIGRES CUP 26 JANUARI 2017

Saturday, November 26, 2016

Kunjungan Pelatihan Jurnalistik di JAWA POS

KOMINFO BEM Universitas Gresik | Puluhan Mahasiswa mengenakan almamater biru telah memadati lapangan parkir Universitas Gresik dengan penuh semangat dan rasa antusias yang tinggi dalam mengikuti Kunjungan Pelatihan Jurnalistik Kamis, tanggal 24 Nopember 2016 yang diadakan Departemen Kominfo Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Gresik sebagai Program Kerja nya yang ke-5. Kunjungan Pelatihan Jurnalistik ini diikuti puluhan Mahasiswa dari berbagai Fakultas. Dimana kegiatan tersebut bertempat di PT. Jawa Pos Surabaya yang beralamat di Jl. Ahmad Yani 88, Gedung Graha Pena Lt 4, Surabaya, Jawa Timur. Para peserta Kunjungan pelatihan ini dibagi dalam 3 grup untuk pemberangkatan ke Jawa Pos, alasan kenapa ada pembagian 3 grup ini adalah untuk meminimalis adanya kejadian yang tidak diinginkan yaitu kecelakaan lalu lintas. Dalam pembagian grup ini sendiri para peserta tidak langsung diberangkatkan bersama-sama melainkan urut dengan jam pemberangkatan tiap grup. Grup pertama berangkat pukul 10.50 WIB, Grup kedua berangkat pukul 11.10 WIB dan Grup ketiga berangkat pukul 11.30 WIB. Para peserta sampai di lokasi Jawa Pos dengan tepat waktu pukul 13.00 WIB.
Para peserta disuguhkan pemandangan yang mungkin belum pernah mereka lihat      sebelumnya. Penyambutan yang bagus dengan 7 monitor yang mengelilingi ruangan bertuliskan “Selamat Datang BEM Universitas Gresik” membuat peserta terkagum-kagum. Design interior ruangan yang asing dengan pamflet-pamflet besar tergantung di langit-langit perusahaan tersebut bertuliskan motto PT. Jawa Pos sendiri dan ditambah lagi 7 patung orang yang sedang berpose duduk, berdiri serta seperti sedang mengamati. Pemandangan tersebut membuat peserta semakin takjub.
Setelah selesai mengamati isi kantor PT. Jawa Pos, peserta dipersilahkan duduk di meja bundar yang berada tepat di tengah-tengah perusahaan tersebut. Kesan pertama peserta terheran-heran, kenapa perusahaan sepi tidak ada aktifitas kerja dan tidak ada karyawan. Semua itu terjawab ketika Bapak Rudi Setio Widodo datang memberikan materi tentang dasar-dasar pembuatan koran di Jawa Pos. Beliau menjelaskan bahwa karyawan (wartawan)  disini semuanya berada di lapangan untuk mencari berita dan kembali ke kantor pada pukul 16.00-17.00 WIB. Kita berada di ruangan redaksi (dapur pembuatan koran). Materi pertama adalah pengenalan singkat tentang PT. Jawa Pos, prosedur pembuatan koran, dan produk yang dihasilkan dari perusahaan tersebut serta peran-peran terhadap masyarakat umum.
“Program kerja Kunjungan Pelatihan Jurnalistik ini sendiri memiliki maksud dan tujuan yaitu, memberikan ilmu dasar-dasar tentang jurnalistik, memberikan pengalaman berharga bagi setiap peserta, dan memberikan keharmonisan/keakraban antara anggota Kominfo, BEM dan UKM Jurnalistik Universitas Gresik”, ujar Menteri Kominfo (Ahmad Fauzi Rizkiawan) pada saat breafing 1 hari sebelum keberangkatan.
Kunjungan Pelatihan Jurnalisik ditutup dengan pemberian cinderamata yang diwakili oleh Menteri Departemen Kominfo BEM Universitas Gresik dan salah satu peserta kepada PT. Jawa Pos. Semoga ilmu yang didapat dari Kunjungan Pelatihan Jurnalistik ini dapat mencetak generasi penulis yang mampu menghasilkan karya-karya bagus dan memotivasi bagi semua khalayak.

0 comments:

Post a Comment