Entri yang Diunggulkan

UPDATE BAGAN PERTANDINGAN KEJUARAAN BOLA VOLI UNIGRES CUP 26 JANUARI 2017

Thursday, November 10, 2016

Catatan Benny 'I am The Marbot'


19 Agustus 2014

I am The Marbot

Assalamu'alaikum...
Semoga kalian selalu dalam kasih-Nya. Dan selamat ulang tahun Indonesia-ku.

Gw sadar bahwa gw bukan termasuk orang yang berjiwa nasionalis tinggi. Gw tahu Indonesia sudah merdeka. Tapi belum untuk pengertian yang lebih dalam. Negeri ini masih butuh pahlawan. Dan dari gw yang jiwa nasionalisnya pas''an cuma bisa berharap akan ada pahlawan yang sanggup berjuang buat Indonesia. Lagi..


Layaknya Indonesia, gw juga belum merasakan 'kemerdekaan' yang benar'' 'merdeka'. Ibarat kata, hidup gw tuh 'kampret' banget. Masih penuh akan hal'' nyesek yang bikin mencret.


Btw, gw sekarang tinggal di Kota Gresik untuk menuruti hasrat gw yang pengen merasakan bangku kuliyah. Dan nggak mudah juga bagi gw untuk memuaskan hasrat kampret ini. Berhubung gw udah terlanjur menyandang imej cowok cool. Gw harus survive. *pake' bahasa Inggris biar makin cool*


Pindah kota tidak merubah kebiasaan gw. Gw masih sibuk dengan 'pacar-pacar' gw. Dan juga masih setia dengan kolor gw. Oh iya, gw sekarang tinggal (numpang) di masjid atas rekomendasi kakak gw. Jadi ceritanya gini. Gw pindah kota, otomatis gw butuh tempat tinggal. Karena  kalau ngekos bakalan butuh pengeluaran bulanan. Kenapa nggak tinggal di masjid aja, sekalian ngisi jabatan marbot yang kosong. Gw jadinya nggak perlu susah'' mikir bulanan, ditambah lagi bisa dapet upah.


Ya! Layaknya semua hal di dunia yang pasti memiliki 2 sisi berlawanan. Kiri & kanan, positif & negatif. Tom & Jerry. Jadi merbot juga pasti ada suka dan dukanya.


Gw ceritain suka cita gw terlebih dulu. Seperti yang udah gw ceritain di atas. Selain mendapat upah bulanan yang bisa buat bayar kuliyah. Gw juga punya tempat tinggal gratis. Jadi, gw nggak perlu lagi mikir bayar kos. Tugas gw  tiap hari cuma adzan 5 waktu dan bersihin masjid. Selebihnya gw pake' buat tidur. Thats it.

Padahal gw berharap banget hidup gw berjalan layaknya FTV. 'Pacarku marbot ganteng' atau 'ganteng-ganteng marbot'. Tiba" ada cewek cantik kepleset di depan mesjid. Kebetulan gw juga lagi nyapu dan berhasil menangkap tuh cewek sebelum tubuh indahnya menyentuh tanah. Dan tumbuhlah benih" cinta di antara kita. Life is unlike FTV.


Dukanya, karena waktu tidur gw tiap harinya lebih lama dari pada waktu melek. Gw jadi kaya' mayat hidup. Pola tidur yang tidak teratur. Ditambah juga pola makan yang tidak teratur. Intinya, jadi marbot itu sangat membosankan. Dan salah satu hal yang paling gw benci di dunia ini adalah rasa bosan. Yaaa.. Meski nggak tiap hari gw ngerasa bosan.


Di mesjid gw tinggal sendirian. Seringkali warga" sekitar nanya'. "Apa nggak takut tinggal di mesjid yang sepi sendirian?" Gw cuma senyum dan jawab "Nggak" karena gw udah biasa hidup sendiri. SENDIRI.. Dan hati gw lebih sepi dari pada mesjid ini :'(


Mungkin banyak orang yang menganggap sepeleh profesi seorang marbot. Namun, menurut gw yang udah terjun langsung jadi marbot. Menjadi marbot itu keren banget. Sumpah keren banget. Karena marbot adalah profesi yang mulia.


Gw jadi marbot juga nggak setengah". Gw selalu berusaha jadi profesional apapun profesi yang gw jalani. Sebelum diangkat jadi marbot gw udah browsing artikel" bagaimana menjadi marbot yang baik dan benar. Gw juga harus menguasai medan kerja gw. Dalam hal ini adalah mesjid. Gw udah kenalan sama mesjidnya. Gw juga udah ngejilat lantainya biar ngerti rasanya. Gw udah guling" dari ujung mesjid ke ujung mesjid yang lain. Gw udah koprol sambil tereak" kaya' bencong. Dan gw juga udah kayang di dalam dan di luar mesjid. Itu semua gw lakuin demi mengenal medan kerja gw.


Di sini gw juga ngajar ngaji anak" SD. Gw satu"nya pengajar cowok di sini. Alhasil gw kebagian murid" yang bandel. Enaknya jadi guru dari anak" SD. Gw bisa nyuruh" mereka seenak jidat. Gw suruh ngambil ini itu.  Pura" kecewa kalau ngaji mereka kurang lancar dan berujung dengan pundak gw yang dipijitin. Gw juga suruh ngebersihin mesjid yang seharusnya itu tugas gw dengan alasan sebagai anak sholeh harus cinta kebersihan.


Seringkali anak” yang ngaji di gw maen ke mesjid waktu gw lagi istirahat. Umumnya anak kecil, mereka main lari”an kejar”an di dalam mesjid. Seringkali juga mereka gedor” pintu kamar gw sambil tereak” manggil gw. Gw yang waktu itu lagi istirahat ngerasa dongkol banget. Pengen rasanya tuh anak” gw kumpulin di kamar, terus gw ambil ginjalnya buat dijual. Lumayan, bisa buat nambah uang bulanan gw.


Well, bagaimanapun kehidupan gw sekarang. Gw harus siap menerima setiap resiko yang datang. Pahit manis kehidupan seperti kopi yang nikmat diseduh di pagi hari. Dan karena hidup adalah pilihan. Gw memilih menambah 'gula' untuk setiap kopi di pagi hari gw.

0 comments:

Post a Comment